Assalamualaikum wr.wb
1.
seleksi semua gambar lebah dengan menggunakan selection tool atau bisa
dengan menekan tombol ctrl + a pada keyboard. lalu kita akan membuat
sebuah symbol dengan mengklik kanan setelah menseleksi gambar lebah lalu
pilih convert to symbol. jika kamu ingin tau mengenai symbol, baca
tutorial sebelumnya.

2.
lalu akan tampil seperti gambar diatas ini. ganti nama symbol menjadi
lebah. lalu pilih tipenya graphic. loh kok graphic? bisa dilihat di
tutorial sebelumnya :)

3.
lalu setelah kamu menconvert menjadi symbol, maka tampilan layer pada
timeline akan seperti ini. kenapa? karena 1 symbol hanya membutuhkan 1
layer, jadi layer yang tidak ada objeknya sebaiknya dibuang saja.
(layer1)

4.
dan jika kamu mengklik gambar lebah, maka tampilannya akan seperti ini.
gambar ini tidak bisa lagi diedit di stage, karena sudah di symbol.
maka untuk mengedit gambarnya jika kamu merasa ingin mengeditnya, kamu
harus masuk ke dalam symbol "lebah" tadi yang kamu buat dengan cara
mengklik 2x symbol lebah pada stage.

5.
nah, jika kita sudah mengklik 2x symbol lebah yang ada di stage, maka
kita berhasil masuk kedalam symbol "lebah". bisa lihat tampilannya di
gambar atas ini. jika kamu ingin mengedit gambar lebah, maka disini
tempatnya.

6.
jika kamu tidak ingin mengeditnya atau sudah selesai mengeditnya, maka
kembali ke stage dengan cara mengklik scene 1 disamping lambang symbol
lebah.

7.
lalu setelah distage scene 1, pindahkan symbol lebah ke ujung kanan
stage dengan selection tool. apabila ukurannya terlalu besar kamu bisa
menggunakan free transform tool. kita akan membuat posisi awal si lebah
pada ujung stage kanan. ingat! slider harus berada diframe 1, karena
frame 1 adalah frame yang akan menjadi posisi awal si lebah.

8.
lalu kita ke timeline. sekarang tentukan panjang frame si lebah akan
bergerak. baca tutorial sebelumnya jika ingin mengetahui tentang frame.
misalkan kita menentukan panjang framenya 25. lalu pada frame 25 klik
kanan lalu pilih insert frame.

10. lalu klik kanan pada frame berapa saja, tetapi antara frame 2 sampai frame 25. lalu pilih create motion tween.

11.
maka akan tampil seperti ini, lalu tarik slider di frame 25, lalu klik
kanan dan pilih insert keyframe. loh kenapa di frame 25? karena kita
akan membuat sebuah posisi baru untuk posisi akhir si lebah. dan posisi
akhirnya akan berakhir di frame 25.

12.
lalu pindahkan posisi symbol lebah dari kanan ke kiri menggunakan
selection tool. posisi ini akan menjadi posisi akhir si lebah kemana dia
akan bergerak. ingat! posisi slider harus berada di frame 25 alias
keyframe 25. lalu coba tes movie dengan tekan enter atau ctrl + enter
pada keyboard. bisa juga dengan mengklik tab menu control > test
movie.
hollaaaa… animasi sederhana lebahmu telah jadi. bisa kamu coba dengan
berbeda posisi seperti dari atas ke bawah dsb. fitur ini juga bisa
membuat animasi lainnya seperti orang berjalan, bola gelinding, dll.
diingat ingat ya! untuk menggunakan fitur ini, kamu harus membuat
keyframe awal, lalu tentukan posisi awal si objek, dan panjangkan
framenya. semakin panjang framenya, maka gerakannya akan semakin lama.
lalu buat sebuah keyframe akhir, dan tentukan posisi akhir si objek. 

semoga tutorialnya bermanfaat. ^^
Wassalamualaikum wr.wb
Artikel Menarik Lainya, Seru Loo Cekidoot!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
silahkan dikoment yg banyakkkk ...