Selasa, 29 Januari 2013

Adobe Flash : Animasi Motion Tween

Assalamualaikum wr.wb
 
dsfsd
1. seleksi semua gambar lebah dengan menggunakan selection tool atau bisa dengan menekan tombol ctrl + a pada keyboard. lalu kita akan membuat sebuah symbol dengan mengklik kanan setelah menseleksi gambar lebah lalu pilih convert to symbol. jika kamu ingin tau mengenai symbol, baca tutorial sebelumnya.
fdsfs
2. lalu akan tampil seperti gambar diatas ini. ganti nama symbol menjadi lebah. lalu pilih tipenya graphic. loh kok graphic? bisa dilihat di tutorial sebelumnya :)
d
3. lalu setelah kamu menconvert menjadi symbol, maka tampilan layer pada timeline akan seperti ini. kenapa? karena 1 symbol hanya membutuhkan 1 layer, jadi layer yang tidak ada objeknya sebaiknya dibuang saja. (layer1)
s
4. dan jika kamu mengklik gambar lebah, maka tampilannya akan seperti ini. gambar ini tidak bisa lagi diedit di stage, karena sudah di symbol. maka untuk mengedit gambarnya jika kamu merasa ingin mengeditnya, kamu harus masuk ke dalam symbol "lebah" tadi yang kamu buat dengan cara mengklik 2x symbol lebah pada stage.
ds
5. nah, jika kita sudah mengklik 2x symbol lebah yang ada di stage, maka kita berhasil masuk kedalam symbol "lebah". bisa lihat tampilannya di gambar atas ini. jika kamu ingin mengedit gambar lebah, maka disini tempatnya.
f
6. jika kamu tidak ingin mengeditnya atau sudah selesai mengeditnya, maka kembali ke stage dengan cara mengklik scene 1 disamping lambang symbol lebah.
wa
7. lalu setelah distage scene 1, pindahkan symbol lebah ke ujung kanan stage dengan selection tool. apabila ukurannya terlalu besar kamu bisa menggunakan free transform tool. kita akan membuat posisi awal si lebah pada ujung stage kanan. ingat! slider harus berada diframe 1, karena frame 1 adalah frame yang akan menjadi posisi awal si lebah.
dfs
8. lalu kita ke timeline. sekarang tentukan panjang frame si lebah akan bergerak. baca tutorial sebelumnya jika ingin mengetahui tentang frame. misalkan kita menentukan panjang framenya 25. lalu pada frame 25 klik kanan lalu pilih insert frame.
as
9. lalu pada timeline akan tampil seperti gambar diatas.
sxaas
10. lalu klik kanan pada frame berapa saja, tetapi antara frame 2 sampai frame 25. lalu pilih create motion tween.
fdsfsd
11. maka akan tampil seperti ini, lalu tarik slider di frame 25, lalu klik kanan dan pilih insert keyframe. loh kenapa di frame 25? karena kita akan membuat sebuah posisi baru untuk posisi akhir si lebah. dan posisi akhirnya akan berakhir di frame 25.
dsfsd
12. lalu pindahkan posisi symbol lebah dari kanan ke kiri menggunakan selection tool. posisi ini akan menjadi posisi akhir si lebah kemana dia akan bergerak. ingat! posisi slider harus berada di frame 25 alias keyframe 25. lalu coba tes movie dengan tekan enter atau ctrl + enter pada keyboard. bisa juga dengan mengklik tab menu control > test movie.
animasi-motion-tween1
hollaaaa… animasi sederhana lebahmu telah jadi. bisa kamu coba dengan berbeda posisi seperti dari atas ke bawah dsb. fitur ini juga bisa membuat animasi lainnya seperti orang berjalan, bola gelinding, dll. diingat ingat ya! untuk menggunakan fitur ini, kamu harus membuat keyframe awal, lalu tentukan posisi awal si objek, dan panjangkan framenya. semakin panjang framenya, maka gerakannya akan semakin lama. lalu buat sebuah keyframe akhir, dan tentukan posisi akhir si objek. t513
semoga tutorialnya bermanfaat. ^^
 
 
Wassalamualaikum wr.wb
Artikel Menarik Lainya, Seru Loo Cekidoot!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan dikoment yg banyakkkk ...




 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Enggar Ervanto Mertias - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger